Kamis, 26 Desember 2013

INDONESIAKU DIJAJAH LAGI

Apapun yang terjadi jangan sampai kehilangan cinta pada negeri ini - Tanah Surga

Sekitar empat atau lima tahun yang lalu, guru ips-ku di sekolah dasar berkata,
"Memang negeri kita sekarang sudah merdeka. Namun kalian sebagai generasi muda, janganlah berpangku tangan saja. Apa yang harus kalian lakukan bukan berperang, tapi belajar dengan giat. Karena Indonesia sekarang berada dalam ancaman jajahan tekhnologi. Melalui produk-produk asing yang masuk ke negara kita."

Kau harap aku mengerti arti kalimat-kalimat itu? Tentu tidak.
Aku hanya membayangkan masih dapat mengibarkan bendera merah putih saja, tentu sudah tak ada masalah.
Mana ada tekhnologi bisa menjajah kita? Omong kosong, pikirku waktu itu.

Namun ternyata itu benar-benar terjadi tahun-tahun ini. Toh ternyata kita dijajah oleh produk luar negeri.
Kenapa sih kita tidak bangga dengan negeri sendiri?
Oh tentu aku sangat bangga pada negeriku ini.
Pada alamnya yang masih alami.
Pada tari-tarian daerahnya, pada rumah-rumah adatnya, bahasa-bahasa daerahnya.
Indonesia sangatlah kaya, bukan?

Namun mengingat sisi lain dari negara kita, oh Tuhan korupsi dimana-mana.
Bedebah hidup makmur dan berjaya.
Mana Indonesia yang katanya sangat kaya?
Mana Indonesia yang katanya Tanah Surga?

Hutang kita menggunung pada negara-negara adidaya.
Rakyat kita yang melarat, hidup mengais harta bermandikan peluh namun tak dapat apa-apa.

Ini bukan yang diharapkan Bapak-Bapak Pembangun Bangsa, tentu.
Bukan, bukan seperti ini Indonesia yang diinginkannya.
Dulu, mereka rela menumpahkan darah pada bumi pertiwi demi memimpikan Indonesia yang merdeka, yang makmur jaya!
Bukan yang berserakan hutang dimana-mana.
Bukan yang rakyatnya melarat dimana-mana. Bahkan rela menjadi babu di luar negeri!

Aku bahkan tak tahu apa yang harus aku lakukan terhadap negeri ini. Apakah aku harus turun tangan atau berpangku tangan saja?
Jelas yang pertama jawabannya.
Namun apa yang bisa aku lakukan untuk negeri ini?
Sebatas mengetik bait-bait nasionalisme? Cukupkah? Tentu tidak.

Selasa, 24 Desember 2013

Mungkin Aku yang Keterlaluan

Uap nafasku di kaca menuliskan nama kita berdua. Aku sedang dalam perjalanan menuju Ibukota negara, menjauh dari titik tempatmu berada.

Beribu kilometer jauhnya darimu, entah kenapa aku masih dapat mengingat jelas rupamu. Terngiang jelas suaramu dalam setiap tidurku. Terbersit senyum dan tawamu setiap aku membuka mata.

Gerimis mengguyur membawa aroma tubuhmu. Dari kejauhan aku berpikir sedang apa dirimu?

Perjalananku masih 6 hari lagi. Lama tak bersua aku menerawang setiap detail wajahmu dalam foto. Foto kita berdua saat persami dulu.

Persami, satu-satunya kenangan kita yang sudah basi. Padahal sudah akhir Oktober lalu hingga hampir tahun baru aku masih tersenyum ketika mengenang itu. Kurasa kau pun begitu, iya kan? Entah kenapa aku selalu melihat mimik kebahagian di wajahmu ketika seorang guru mengungkit tentang kegiatan persami itu. Apalagi membahas tentang pensi.

"Dalam pola lingkaran dansaku, kaki-kaki kita saling bertemu, tangan kita saling menyatu, matamu dan mataku saling tahu, bahwa ada sesuatu."

Di luar itu, kita tidak punya kenangan apa-apa, selain arti tatapan dan senyumanmu yang bisa jadi tidak akan pernah kau ungkap. Berbulan-bulan setelah Oktober, aku mengorek kamus-kamus sastra berusaha menulis segala hal tentangmu. Bukan hanya itu, aku mendedikasikan semuanya untukmu, menurutku.

"Setiap seniman pasti punya bintangnya sendiri-sendiri." - Perahu Kertas

Ah aku bukan seorang seniman, bukan juga seorang penyair. Aku hanya senang bermain padan kata, mencari-cari filosofi seputar cinta. Tapi aku memilihmu menjadi bintangku, boleh?

Mungkin sudah terlalu basi bahwa ternyata aku masih menulis tentangmu hingga hari ini. Aku pun terkejut mengetahui bahwa jemariku masih betah menulis serba-serbimu, bahwa pikiranku masih gigih mengimajinasikan sosokmu.

Aku sempat mencetak fotomu denganku, menempelkannya pada dinding kamar. Kadang terpikir olehku, untuk apa? Apa gunanya aku menempel-nempel fotomu, menulis-nulis namamu, berimaji tentang sosokmu? Kau bahkan tak lebih dari sekedar teman SMA yang bisa jadi hanya kebetulan saja kita menari bersama. Kau toh sedang menjalin hubungan dengan wanita lain, sudah jelas tidak ada pintu bagiku untuk sekarang atau berbulan ke depan.

Masih memikirkan sampai detik ini saja merupakan kesalahan besar. Apalagi dengan lancang beraninya aku menulis tentangmu, mendetailkan bagaimana dirimu, bahkan sampai merindukanmu. Mungkin aku yang keterlaluan.

Tapi toh di dunia ini tidak ada yang sempurna. Seperti aku yang tidak bisa mencintaimu dengan sempurna atau tidak bisa memilikimu seutuhnya.

Ya Tuhan, awalnya aku ingin menulis jurnal perjalananku. Tapi apa yang aku lakukan? Lagi-lagi tentangmu.

Maafkan aku atas segala keterlaluanku selama ini dan kumohon tetaplah bersama seiring langkahku, sebagai seorang teman. Teman baikku.

Dari Pengecut untuk Bapak Presiden

Wahai Bapak Presiden yang kakinya tak pernah ternodai.

            Maafkan aku karena telah menjadi seorang pengecut. Pengecut yang hanya diam melihat arti makmur sentosa yang ternyata hampa. Aku tidak tahu, apakah Bapak pernah melihat semua kehampaan ini? Tapi aku melihatnya, dengan mata kepalaku sendiri. Sebuah perjalanan kecil yang kulakukan membuatku mengerti bagaimana susahnya hidup bagi rakyat kecil dan bagi mereka yang tahu mana yang benar.

            Wahai Bapak Presiden yang bajunya selalu wangi.

            Mereka dengan susah payah menjalani hidup ini. Bahkan mereka ditindas di negaranya sendiri. Mencari nafkah bagaikan hidup di sarang harimau. Setiap kau melangkah, tanpa rasa iba, sang harimau dapat menerkam tiba-tiba. Mencari nafkah bagaikan memilih antara dosa dan pahala. Mau yang haram atau yang halal?

            Wahai Bapak Presiden yang hidupnya selalu tercukupi.

            Asal Bapak tahu, negrimu tidaklah makmur sentosa Pak!
            Dari Pengecut untuk Bapak Presiden.
            

Jumat, 06 Desember 2013

My Second Sketch - Couple


Here is my second sketch and it's show me and someone.
This picture is take before I join Choir Competition and after he's done with his sport lesson.
At first, I draw our face but it's so bad. So I erase it but I think it's not fucking perfect.

I dont know,
I think it's not as well as ma first. And it's all just weird enough.
But I wont give up and will try to show you my best.


Kamis, 05 Desember 2013

Getting Ready for Christmas


This morning I went to xoxo with ma mom. That an accecories shop that sale many unique things.
But today, remember it's almoust Christmas, they sale many things for Christmas, such as : snow ball, christmast tree, Santa Claus hat, Santa Claus dolls, and many more.
And I bought a fucking cute mini snow ball at the price of Rp. 19.000,-




I also get packet from Switzerland, that is a merci chocolate and I love it so much!!! <3 <3 <3
In ma plan, I'll buy red dress for complete my christmas.
Cause actually I am mosleem so my family doesnt celebrate this christmas.
So, I think it's enough for me if I wear red dress with santa claus hat for celebrate this christmas!

My First Sketch


Hello Guys!
By the way, thank you for visit ma blog.
And on this page I put ma first sketch. This is a boy that so meaningful for ma life, lately.

I always want skilful on drawing.
Everynight I stay to watching youtube for Tutorial Drawing and I get many helpful trick to draw.
So, I start to try draw ma own.
Then I choose this figure, cause nobody else wants me to sketch.
And this is the result.

Actually I little suprised with this cause, "Oh My God, I've done ma first well, I think."

Sabtu, 30 November 2013

i love him, so much :-)

Aku tak pernah mengerti, kenapa hujan selalu datang bersama-sama? Sejak 15 tahun yang lalu, ketika aku terlahir dan sampai detik ini, hujan tak pernah datang sendiri. Kenapa? Apa bukan hujan namanya jika ia datang sendirian? Iya? Lalu apa namanya? Bocoran atap? Oh ya, tentu saja!
Dan semua orang iri dengan kebersamaan hujan. Termasuk aku.

Bukan. Bukan iri, maksudku. tapi hujan membuatku ingat tentang kebersamaan kita. Kehadiranmu yang berdiri di sampingku tak lebih sebagai seorang teman.
Benarkah? Ya, kita hanya sebatas teman atau mungkin sedikit menjorok ke arah persahabatan.
Tapi perasaan kita, benarkah hanya sebatas demikian?
Aku bahkan tidak dapat menjawabnya. Yang jelas, aku mulai memimpikanmu setiap malam dan ya selalu mengkhawatirkan tentang apa-apa yang mungkin terjadi padamu.

Ini namanya cinta bertepuk sebelah tangan. Betapa bahagianya ketika kau punya pacar dan ada wanita lain yang mengistimewakanmu. Dan wanita ini bahkan tidak mendapat imbalan apa-apa. Kecuali dapat berada di sampingmu setiap hari, menikmati senyum tawamu, serta mendapat tatapan penuh perasaan dari matamu. Atau benarkah begitu? Apa mungkin ini hanya perasaanku saja?

Entahlah, kawan. Jauh dari kata gebetan atau sebagainya, mungkin lebih tepat jika ku sebut kau sebagai penyemangat belajarku. Tentu aku berterima kasih banyak atas keberadaanmu, dan ku mohon tetaplah disitu. Jangan mendekat atau menjauh.
Betapa kebetulan sekali, penyemangat belajarku tidak sengaja membuatku jatuh hati. Atau seseorang yang membuatku jatuh hati secara instan menjadi penyemangat belajarku. Apakah benar begitu?

Ini bukan soal berapa banyak aku bilang "aku sayang kamu" ke kamu. Tapi soal berapa sering aku bilang "aku sayang dia" ke orang lain.

Yang pasti, jika engkau mencariku. Aku ada disini.

Minggu, 03 November 2013

BE YOU!


Kenapa harus jadi orang lain ketika kamu bisa menjadi dirimu sendiri?
Kenapa harus jadi orang lain ketika dirimu lebih awesome dari orang lain?
Kenapa harus jadi orang lain demi mendapatkan cinta seseorang?
Bukankah mencintai yang baik dan benar itu berarti kamu haru menerima dia apa adanya.
Lalu apa yang sebenarnya kamu pikirkan?
Apa yang sebenarnya ingin kamu dapatkan?
Jadilah diri sendiri dalam segala hal, karena tentu itu akan awesome.
Percayalah  pada diri sendiri dalam segala hal
KARENA KAMU ADALAH KAMU, BUKAN ORANG LAIN!

 


Senin, 14 Oktober 2013

JANGAN AJAK AKU PACARAN

Aku menikmati kesendirianku dan aku merasa benar-benar free.
Aku agak takut sama cowok.
Agak trauma sama yang namanya 'pacaran'.
Aku takut salah lagi, aku takut mengecewakan lagi, aku takut menyesal dan aku paling takut disalahkan oleh diriku sendiri.
Aku gak pernah membahagiakan dan sepenuhnya selalu mengecewakan.
Aku egois.
Aku keras kepala.
Aku belum siap mencintai orang lain.
Diriku masih terlalu hina untuk disandingkan dengan lelaki manapun.
Aku belum siap, belum pengen, dan
aku belum pantes pacaran.

Tapi aku cuma manusia biasa yang punya perasaan yang sama.
Aku punya gebetan dimana-dimana.
Bukannya mau sok playgirl atau mainin dia.
Tapi dia sendiri yang dateng, deketin aku, meskipun gak jarang aku menghindar.
Aku sudah bilang dari awal, kalo aku mengecewakan.
Dan memang begitu adanya.
Aku gak pernah bikin orang lain senang.
Aku masih bocah.
Aku merepotkan.
Aku....................................gak pantes.
Makanya, "Jangan Ajak Aku Pacaran"

Selasa, 01 Oktober 2013

SPYROGYRA


Hari ini aku melakukan pengamatan mikroskop di Laboratorium Biologi, SMA Negeri 1 Jember. Aku mengamati Spirogyra dan inilah gambar aku lihat dibalik lensa dengan perbesaran kalo nggak salah 100x ._.

Minggu, 29 September 2013

MY OUTFIT TODAY, NEW STYLE

 



Pink Batwing T-Shirt
Cool Army Pants
Sweet Pink Platform

Antara mencoba girly atau tomboy? hahaha

Minggu, 22 September 2013

Pro Jomblo ^^

 Jujur, aku merasa agak trauma mau pacaran lagi. Setelah putus sama pacar terakhirku, dan aku menyesalinya. Pacaran membuatku takut salah dan takut putus lagi. Maka dari itu aku lebih memilih untuk sendiri. Paling tidak 3th kedepan sehingga aku bisa fokus dengan sekolahku dulu.
Dan setelah menjalani jomblo selama kurang lebih 9 bulan, aku merasa baik-baik saja justru jauh lebih baik. Meskipun mungkin aku tetap dekat dengan beberapa teman cowok sebagai gebetan atau hanya sekedar teman dekat, toh aku nggak pacaran :)
Jomblo bagiku kesendirian dimana kita dituntut untuk mandiri dan nggak cengeng. Bagus juga sih untuk membentuk karakter diri agar nggak bergantung pada orang lain.
Kemudian, jomblo juga merupakan kesempatan dimana kita bisa mengembangkan bakat dan minat diri tanpa perlu merasa gengsi atau jaim dengan pasangan.
Selain itu, jomblo juga merupakan waktu-waktu emas yang sebaiknya digunakan untuk fokus belajar.
Agar tidak kehilangan motivasi belajar, carilah figur lain sebagai penyemangat belajar. Meskipun nggak pacaran, usahakan figur itu mampu mendorong agar dapat menambah semangat belajar dan mendoro ke hal-hal positif lainnya.
Tapi, ada juga saat-saat dimana kita ngenvy ngeliat orang-orang pacaran di timeline, dll. Nah, pas itu, aku biasanya nostalgia lagi ke masa waktu aku masih punya pacar .-. Tapi jangan sampe terlalu larut biar nggak keterusan trus jadinya galau.
Tapi kalau udah terlanjur galau, cobain deh cari aktivitas kesukaan kamu. Kalo aku sih biasanya gambar, atau baca novel, bisa juga whatsapp-an sama gengs wkwk. Dan lebih baik lagi kalo pas lagi bosen+ngenvy+galau itu dipake buat belajar. Lagipula pelajaran di SMA sulit banget kan, kalo rajin belajar jadi bisa ngejar juara!! hehe^^
Pokoknya jangan khawatir deh. Jomblo itu asik kok kanan kiri oke. Bisa ngapain aja kemana aja sama siapa aja, all access pokoknya :p

Usang :')


Waktu beres-beres kamar, aku nemuin surat cinta yang sudah usang dan bedebu :')
Surat ini dari Mas Jared Yehezkiel, bersamaan dengan hadiah kerajinan tangan dari belerang yang merupakan oleh-oleh dari Kawah Ijen.
Surat cinta ini panjang, sebenernya. Tapi aku hanya mengambil gambar kalimat terakhirnya yang berbunyi :
"Aku sayang kamu, nawang. Maaf kalo selama ini gak pernah becus."
TTD
"dari orang yang gak pernah bener dalam hidupnya"
Sekarang surat cintanya aku taruh di kardus, bareng barang-barang dari Mas Jared lainnya. Aku bungkus rapi, trus aku kasih label "Memories" Mereka ada di gudang, sekarang :')

LOMO EFFECT




Today I get Lomo Effect by using Xiu Xiu Photo Editor :)~


DOODLE - Liquid


Berhubung cita-citaku pengin masuk jurusan Tekhnik Arsitektur/ Desain Interior/ Desain Eksterior/ Desain Produk. Dan aku sadar bahwa aku gak pinter gambar. Mulai sekarang aku belajar gambar.
Kemarin, aku dibelikan sketchbook kecil oleh ibu seharga 7500 dan ini merupakan salah satu hasil gambarku yang ku beri judul 'Liquid'
Waktu itu aku menggambar ini karena aku merasa teman sekelasku nggak solid alias liquid. Jadi kutuangkan saja kekesalanku pada mereka melalui gambar ini agar bernilai positif daripada aku mengeluarkan emosi yang bernilai negatif.
Mungkin perlu banyak koreksi dari gambarku ini, dan aku mohon dengan sangat kritik dan sarannya :) terimakasih.

Kamis, 08 Agustus 2013

BELAJAR MAKE UP




Pagi ini aku coba main-main sama foundation, eyeshadow, blush on, dan lain-lain :3
Hasilnya kayak gini nih~
Nggak bagus sih. Karena emang cuma gitu aja, biasa aja.
Apalagi...eyelinernya berantakan.

Foundation, bedak tabur, bedak finishing, & eyeshadow = Sariayu, Martha Tilaar
Eyeliner, maskara, & blush on = Oriflame
Lipstick = Carring

LEBARAN 1434 H

Lebaran merupakan Hari Besar Umat Islam. Setelah menjalankan ibadah puasa selama Bulan Ramdhan, kita disambut dengan Hari Kemenangan yaitu Hari Raya Iedul Fitri. Momen ini sering dimanfaatkan untuk bersilaturrahmi, halal bihalal, atau pun mudik.
Namun, karena tahun ini saya dan keluarga tidak mudik ke Bojonegoro, jadi... saya silaturrahmi dengan kakek-nenek yang ada di Jember saja. Suasana sangat menyenangkan. Apalagi ketika sanak-saudara berkumpul semua. Sehingga menciptakan suasana yang rame dan asik.
Tak lupa kami pun foto bersama untuk mengingat momen membahagiakan ini. Berikut beberapa hasil fotonya :
Ini sama keluarga besar


 Ini sama keluarga kecil

Rabu, 03 Juli 2013

RAMBUT JAGUNGKU

Oke, kemarin aku ke salon. Rencananya mau toning item gegara uban udah menumpuk.
Pas di salon, katanya toning item itu 50 trus kalo toning warna itu 70.
Nah aku coba deh tuh yang warna soalnya kata mbak salonnya warnanya ga terlalu nyolok. Jadi aku pilih deh cokelat.
Tapi betapa kagetnya aku setelah selesai, rambutku jadi semerah rambut jagung dan itu sedikit menyakitkan. Pas jalan pulang aku udah nyiapin kuda-kuda siap-siap mau digampar bokap. Akan tetapi ternyata dia cuma ngoceh dan itu alhamdulillah banget.
Penasaran sama hasilnya?
Ini diaaaaaaaaaaaaaaaaaaaa

Sabtu, 29 Juni 2013

My Outfit Today : SIMPLE


Inilah pilihan styleku untuk jalan-jalan ke Probolinggo tadi pagi.
Dan kalian lihat sendiri kan, pahaku udah bikin nyesek dan galau ajaa... Ngalah-ngalahi galaunya jones..
Oke, tapi aku pede aja.
Aku pake t-shirt semi polo merk nevada, jeans nevada, flatshoes abu-abu, dan jangan lupa puma touchwatch untuk pemanis.
Perlu kalian ketahui bahwa aku salah satu pecinta pink dan ya.................meskipun kesannya alay tapi aku suka.
MASBULO?

PLTU PAITON, PROBOLINGGO



Hari ini aku sama ayahku dan mbak nur travel lagi menuju Probolinggo. Tepatnya Desa Bima, Kecamatan Pakuniran.
Apa yang aku lakuin disana adalah lihat lokasi tanah untuk investasi greenhouse(proyeknya mbak nur)
Dan ya... 2 pict di atas aku ambil waktu perjalanan pulang. Maaf ya kalo fotonya kurang bikin napsu, soalnya kameranya juga agak error. Jadi kadang bisa dapet pict, kadang enggak.
Gambar pertama adalah PLTU Paiton, sejujur-jujurnya itu keren banget. PLTU ini dikelola PT. Pembangkitan Jawa-Bali. PLTU ini berada di tepi jalur pantura Surabaya-Banyuwangi. Pembangkit ini mengoperasikan 2 PLTU dengan kapasitas 800 MW. Energi ini kemudian didistribusikan melalui SUTET 500 kV Sistem Interkoneksi Jawa-Bali.

Dan ini pict PLTU Paiton yang dijepret oleh satelit nun jauh disana.

Oke, next. Pict kedua itu adalah pembatas jalan. Tau kan? Yang garis-garis item putih biasanya ada di belok-belokan itu? Kalo gatau berarti lu kudet, oke.
Dan dari gambar itu keliatan jelas kalo pembatas jalannya udah penyok. Itu adalah salah satu pembatas jalan di arak-arak. Jadi, semoga aja dinas yang berwajib segera memperbarui ya.
Kan gak cakep kalo penyok gitu.

And the last, aku mau ngasih pict awan yang aduhai boha-bohai abis soalnya cuaca tadi lagi bersahabat banget.
Ini dia, taraaaaaaa!!




My Outfit : LOOK AT ME


Ini juga #latepost yang baru aku post(kwuk!)
Foto ini diambil di teras rumahku waktu aku mau keeeee............ Ijen View Hotel&Resort
Kenapa aku pilih style itu?
Pertama : Berhubung aku udah mulai gendut lagi dan belum siap utk diet lagi...jadi aku harus bisa nutup pahaku yang bikin nyesek(hiks!)
Jadi itu aku pake jeans light blue, trus pake kaos papua oleh-oleh dari tanteku(hehe!) Berhubung itu kaos pendek banget dan gak bisa nutupi pahaku, aku pakein songket yag sebenernya buat kebaya(haha!)
Karena lagi pengen tampil feminim, aku gerai aja rambutku dan jangan lupa pake gelang ya buat pemanis!!
Oke, ini dia outfitku hari ini. Mana outfitmu?

EVERYDAY WITH NANCY



Hello Guys.
Now, I want to tell you about my lovely teddy bear.
It's named Nancy.
I got Nancy as a gift for my 14th birthday from my ex-bf. I love it vercymuch and I bring Nancy everywhere.
Actually, this photo is old photo. This photo showed I take Nancy when I'll go to Bondowoso for travel.
Nancy accompany me everywhere and I always sleep with it.
Sometimes, when I miss my ex-bf(kwuk!) I cry and hug Nancy tightly. Cause my relation with my ex is bad now and we never ever communicate anymore.
Mmmm, I'm sorry if my english is not good. I just write,try,and learn how to writing with english perfectly.

Kamis, 27 Juni 2013

I Get A Silhouette

This morning my brother and I hunting photos in the attic of my house. That's about seven o'clock in the morning, and I get a silhouette! Wonderfull! But I dissapointed cause my laptop just in service, so I lost all of my editing application and I cannot edit that contrast,hue, and saturation.

NAMAKU...

Pagi bloggers!!
Kenalin ya aku pengguna baru blog(hiks) karena aku kudet banget. Meskipun sebenernya temen-temenku pada punya blog, aku males aja mau ikut-ikut mereka. Tapi lama-lama liat mereka blogging ternyata asik juga dan akhirya aku memutuskan untuk gabung.
Oke, pertama kenalin ya namaku Nawang Grezzanda tapi nama kerenku Nawang Grace. Terserah sih kalian mau panggil apa aja. Boleh Nawang atau Grace, bebas!!! Umurku 14tahun(hiks) tapi 3 Agustus nanti umurku sudah 15tahun kok :)
Hobiku baca novel guys, nulis cerpen, bikin sketch rumah, dan hunting foto hehehe
Lumayan bercita-cita jadi foto model sih, cuma kayaknya gak bakal kesampean gegara kendala kebiasaan doyan makanku hehehe
Lebih berambisi untuk jadi designer interior atau penata artistik juga boleh
Ngebet banget punya suami pilot/nahkoda muah muah

Pengen kenal aku lebih deket?
www.facebook.com/nwggrace or @nwggrace on twitter